Daftar Blog Saya

kawaankuu

Agroindustri bagi Indonesia

on Rabu, 01 Desember 2010

       Tak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia merupakan negara agraris, yaitu kaya dengan hasil tanah atau pertanian. Banyak primadona ekspor yang berasal dari produk pertanian atau lebih tepatnya dari agroindustri, seperti kakao, kelapa sawit, dan masih banyak lagi. Keuntungan yang didapat juga lebih besar bila negara ini bisa mengembangkan keseluruhan produk dari yang industri kecil, menengah, maupun besar. Tentu saja tidak lepas mengenai agroindustri.
      Ironisnya, mengapa sampai sekarang para petani masih banyak yang mengalami kemiskinan yang berkelanjutan?? hasil panen seperti padi, jagung, atau kedelai belum diolah dan dikelola melalui managemen yang pas. Peran pemerintah juga sangat diperlukan untuk menyediakan fasilitas kepada petani untuk mengelola hasil itu. Saat ini kadang kita bingung dengan langkah pemerintah Indonesia. Beras yang melimpah di Indonesia, tetapi masih saja kita mengimpor beras dari vietnam. Bukankah pada masa orde baru kita bisa mengimpor beras ke luar negeri?? kenapa saat ini kita malah melakukan hal yang sebaliknya? diperparah lagi dengan harga sembako yang semakin meroket, padahal kita sendiri yang memproduksinya.
     Kenyataan ini menunjukkan bahwa seakan pemerintah mengabaikan atau menyepelekan hal yang menyangkut pertanian. Tidak lah heran ketika anak muda mendengar tentang kata pertanian dan teknologinya, mereka seakan menghindar dan acuh tak acuh. Lihat saja contohnya bahwa mahasiswa lebih suka terjun ke dunia keteknikan atau ekonomi daripada ke agro industri. Sebenarnya yang sangat dibutuhkan bangsa ini adalah seseorang yang dapat mengubah nasib bangsa ini, khusunya para petani. Seperti diketahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah petani atau pekerja di bidang agro. Orang yang mampu mengelola mulai dari proses produksi, pengolahan, dan distribusi lah yang akan mampu mengubah dunia pertanian selain peran pemerintah itu sendiri. Nasib para petani harus lebih diperhatikan.

3 komentar:

Moh.hidayatullah mengatakan...

gimana caranya agar agro industri indonesia bsa maju san? hehehehehehhe

cinnong mengatakan...

mulai dari diri sendiri untuk ngubah nasib petani di indonesia

Bean inc mengatakan...

kayaknya enak nih..........
cocok untuk teman nongkrong

Posting Komentar